NEW YORK CHEESE CAKE (wanna be)


Kenapa New York Cheese Cake wanna be?? *tutup muka pake serbet* hihihihi. Sebagai cheesy lover, pengen banget bisa bikin NY cheese cake, apa daya jadinya seperti ini. Gak mirip sama sekali dengan aslinya yang bisa dilihat di Joy of Baking ini ya. Tetap PD aja lah ya, namanya juga lagi belajar. Apalagi bikinnya juga maksa banget, memanfaatkan bahan dan peralatan yang ada di rumah. Karena cuma punya loyang pie bongkar pasang, yo wis dipake aja. Hasilnya...cake-nya jadi tipiiis banget, cocok dengan namanya deh...NY cheese cake wanna be hahahahah.

Kebetulan di rumah juga gak punya oreo crust atau biskuit lain, adanya cuma sisa choco peanut cookies. Ya wis..dipake ajalah, daripada terus penasaran ama rasanya. Untuk resepnya, aku pakai yang ada di dapur - 3d nya teh Diah Raki, karena simple dan memang niat untuk bikin 1/2 resep ajah. 

NEW YORK CHEESE CAKE

Bahan :
250 gr cream cheese
100 gr gula pasir yang halus
1/2 sdm maizena
2 butir telur ukuran kecil (harus benar-benar kecil ya, soalnya 1 resep butuh 3 telur ukuran besar)
3 sdt air jeruk nipis (aslinya pakai jus lemon)
1/2 sdt vanilla ekstrak
1/4 sdt garam
250 ml sour cream

Lapisan Crust :
110 gr oreo haluskan (aku pake choco cookies)
70 gr butter, cairkan

Topping :
selai strawberry yang dilarutkan dengan sedikit air
strawberry segar

Cara Membuat:
Siapkan loyang bongkar pasang, oles dengan mentega, alasi dengan kertas roti, oles kembali. Bungkus  dasar dan bagian luar loyang dengan kertas alufoil (beri lebih dari 1 lapis ya), untuk mencegah adonan merembes keluar.
Tumbuk halus oreo crust, campurkan dengan butter yang dicairkan kemudian tata di dasar loyang. Tekan-tekan sampai padat dan simpan di dalam freezer selama 10 menit, sisihkan.
Dalam wadah yang besar, kocok cream cheese dan gula hingga sangat lembut, masukkan tepung maizena lalu tambahkan telur satu persatu. Kocok hingga rata.
Masukkan air jeruk nipis, vanilla ekstrak dan garam, kocok kembali hingga rata.
Masukkan sour cream, kocok hingga tercampur rata.
Tuang adonan ke dalam loyang, yaitu di atas oreo crust tadi. Panggang au bain marie (steam bake) dengan suhu 160'C selama kurang lebih 45 menit.
Setelah selesai pemanggangan, matikan api dan biarkan cake dalam oven tertutup selama kurang lebih 1 jam. 
Keluarkan dari oven, pindahkan ke cool rack dan diamkan kembali selama kurang lebih 1 jam.
Tuang topping di atas permukaan cake dan dinginkan dalam kulkas.

Rasanya...ngejuuuu banget, lembut dan basah. Mirip dengan cheese cake unbaked. Bagi yang kurang suka keju mungkin rasa cake ini agak eneg ya, oleh karena itu perlu ditambahkan topping yang segar sebagai penyeimbang rasa kejunya. Are you cheesy lover?? Recomended to try NY Cheese Cake :))

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NEW YORK CHEESE CAKE (wanna be)"

Post a Comment