ZUPPA SOUP

Udah lama banget pengen bikin Zuppa Soup sendiri, tapi dulu kesulitan cari puff pastry siap pakai. Pertama kali makan zuppa soup waktu dibawakan sepupuku dari Surabaya, katanya dia beli di daerah sekitar kampus Ubaya. Langsung jatuh cinta ama rasanya. Nah...ketika udah nemu puff pastry siap pakai, pastinya kepikiran buat bikin zuppa soup, tapi apa daya  ketimbun ama list resep lain yang harus dicobain heheheheh.

Kemarin, ingat aja kalau udah lama gak bikin cream soup. Begitu liat di freezer, langsung deh ingat kalau masih punya puff pastry. Bongkar-bongkar kulkas lagi, akhirnya nemu bahan-bahan seadanya. Lagi gak punya susu evaporated, ya gak apa deh, dibuat yang tanpa susu aja.  Yuk..mulai bikin zuppa soup.


Resepnya seperti biasa aku lihat di blog favoritku, yaitu milik Bunda Ricke Indriani. Resep asli bisa dilihat disini ya. Berikut adalah resep yang sudah kumodif agar sesuai dengan selera keluarga dan persediaan bahan di rumah ^_^

ZUPPA SOUP

Bahan:
Puff pastry siap pakai, potong agar sesuai dengan ukuran mangkok atau mug yang akan dipakai.
Kuning telur kocok lepas untuk olesan.

Bahan Cream Soup:
250 gr fillet ayam, potong dadu kecil
2 buah wortel potong dadu kecil
2 buah jagung manis pipil
2 lembar smoked beef potong persegi (bisa diganti sosis)
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 bawang bombay, iris halus
1 butir telur kocok lepas
1 liter air
5 sdm tepung terigu
3 sdm margarin
1 1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan terigu, aduk rata agar terigu tercampur dengan tumisan.
Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk.
Masukkan wortel dan jagung pipil, masak hingga empuk dan kuah mengental.
Masukkan ayam dan smoked beef, bumbui dengan garam, merica dan gula pasir. Test rasa.
Masukkan telur kocok lepas dengan cara disaring sambil diaduk-aduk hingga terbentuk serabut-serabut halus pada soup.
Panaskan oven 200'C, siapkan mangkok atau mug keramik tahan panas. Tuang cream soup, tutup dengan kulit pastry, oles dengan kuning telur.
Panggang hingga puff pastry mengembang, kecoklatan dan renyah. Angkat dan siap disajikan.

Enak deh, Alhamdulillah semua suka dan jadi rebutan lho. Zuppa soup ini enak dinikmati dalam keadaan hangat, jadi kalau tidak langsung habis dan disimpan, sebelum menikmatinya bisa dipanaskan kembali sebentar saja.

Berikut ini adalah tips dari Ricke Indriani tentang pembuatan zuppa soup:
- Untuk menghasilkan soup yang lebih creamy, bisa ditambahkan susu evaporasi
- Jangan mengisi mangkok terlalu penuh, karena ketika dipanggang soup akan mendidih. Apabila terlalu penuh, maka soup akan meluap keluar dan kulit pastry menjadi basah.
- Bila menginginkan zuppa dengan puff pastry yang menggelembung tinggi (dome), masukkan soup dalam keadaan panas/hangat. Soup yang panas akan cepat menghasilkan uap panas dan menekan kulit pastry hingga menghasilkan zuppa yang menggelembung ke atas.
- Bila menginginkan zuppa dengan puff pastry yang mengembang dan berlapis-lapis, masukkan soup dalam keadaan dingin. Saat dioven, kulit pastry akan mempunyai cukup waktu untuk mengembang lapisan-lapisannya sebelum soup mendidih.  

Thanks Ricke untuk sharing resep dan tips-tipsnya ya ^_^


Kalau yang ini cream soup-nya aja, tidak terlalu creamy karena tanpa penambahan susu. Alhamdulillah tetap disukai keluarga.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ZUPPA SOUP"

Post a Comment